Journal article

PENGARUH OUTBOUND TERHADAP EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA

I Gde Dhika Widarnandana NICHOLAS SIMARMATA

Volume : 2 Nomor : 2 Published : 2015, March

jurnal psikologi udayana

Abstrak

Mahasiswa di dalam perkuliahannya dihadapkan pada tantangan akademik dan non akademik. Tantangan akademik seperti Masa Orientasi Siswa (MOS), perkuliahan, tugas, ujian tengah semester, ujian akhir semester, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Skripsi. Dari sisi non akademik, mahasiswa yang aktif di kampusnya akan menjalani kegiatan organisasi kemahasiswaan, sehingga mahasiswa harus pintar membagi waktu di kampusnya. Menghadapi hal tersebut mahasiswa harus memiliki ketangguhan dari dalam dirinya untuk bisa menghadapi dan menyelesaikan perkuliahannya dengan baik atau bisa disebut efikasi diri. Efikasi diri adalah keyakinan terhadap kemampuan seseorang untuk mengatur dan melaksanakan tugas yang bertujuan menghasilkan suatu pencapaian (Bandura, 1997). Keyakinan diri pada individu dapat ditingkatkan melalui program pelatihan, salah satunya program pelatihan luar ruangan yang biasa disebut Outbound. Outbound didefinisikan sebagai proses belajar dengan cara berinteraksi melalui kegiatan yang dialami, melalui simulasi permainan yang dilakukan di alam terbuka bertujuan untuk mendapatkan pengalaman yang memiliki makna (Warsiyah, 2011). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis Paired Sample T-Test. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen, desain pre-eksperimen. Peneliti menyebarkan skala Efikasi Diri pre-test dan skala Efikasi Diri post-test yang terdiri dari 20 item, teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Udayana, sebanyak 30 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukan probabilitas 0,000 (p)<0,05. Hal ini berarti ada pengaruh Outbound terhadap efikasi diri mahasiswa. Disamping itu melalui data tambahan dengan menggunakan uji regresi sederhana dari variabel Jumlah Berhasil dan Efikasi Diri Post-Test menjelaskan bahwa variabel Jumlah Berhasil dapat memprediksi peningkatan variabel Efikasi Diri Post-Test pada mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Outbound memberikan pengaruh terhadap peningkatan efikasi diri mahasiswa.