Journal article
INTRAPRENEURSHIP DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA MANAJER TOKO MODERN
Agustini Kurnia NICHOLAS SIMARMATA
Volume : 0 Nomor : 0 Published : 2014, March
jurnal psikologi udayana
Abstrak
Persaingan yang ketat antar toko modern menjadi tantangan bagi organisasi yang bergerak dalam usaha toko modern, agar mampu bertahan dan mencapai kesuksesan organisasi. Oleh karena itu, manajer toko modern dituntut untuk mampu melakukan pengambilan keputusan sebagai tindakan nyata dalam menghadapi tantangan tersebut. Pengambilan keputusan merupakan proses penting untuk mencapai tujuan organisasi (Luthans, 2006), yang mana pengambilan keputusan tersebut dilakukan oleh manajer, sebab manajer merupakan pemain kunci dalam sebuah proses pengambilan keputusan (Socea, 2012). Sementara itu, untuk mampu mengantisipasi adanya perubahan era globalisasi dan menghadapi persaingan, maka intrapreneurship hadir menjadi konsep kreativitas dan sebuah inovasi yang jika dimiliki oleh manajer toko modern, dapat memberikan kontribusi penting dalam pengambilan keputusan manajer toko modern itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara intrapreneurship dan pengambilan keputusan pada manajer toko modern. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan skala penelitian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya kepada 103 manajer toko modern di Provinsi Bali, Indonesia. Data penelitian mengikuti distribusi normal dan linear. Hasil dari penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,770 dan probabilitas 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti ada hubungan yang positif dan signifikan antara intrapreneurship dengan pengambilan keputusan pada manajer toko modern. Sumbangan dari variabel intrapreneurship terhadap variabel pengambilan keputusan adalah sebesar 59,3%.