Journal article
Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional
Anak Agung Putu Chintya Putri Suardana NICHOLAS SIMARMATA
Volume : 1 Nomor : 1 Published : 2013, March
jurnal psikologi udayana
Abstrak
Masalah yang muncul dimana kecemasan siswa sekolah dasar meningkat sejalan dengan tingkatan kelas yaitu ketika menghadapi evaluasi atau ujian. Permasalahan yang paling sering dialami oleh siswa ketika akan menghadapi ujian adalah masalah kecemasan (anxiety). Kurangnya persiapan dalam menghadapi ujian nasional bisa diatasi salah satunya dengan meningkatkan motivasi belajar siswa. enelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan kecemasan pada siswa kelas VI sekolah dasar di Denpasar menjelang Ujian Nasional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas VI di Denpasar sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampelnya dengan metode cluster random sampling. Metode pengambilan datanya dengan Skala Motivasi Belajar yang reliabilitasnya 0,804 dan Skala Kecemasan yang reliabilitasnya 0,908. Normalitas variabel motivasi belajar sebesar 0,148 dan variabel kecemasan sebesar 0,671. Linearitas variabel motivasi belajar dan kecemasan sebesar 0,002. Metode analisis datanya dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasilnya menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi belajar dan kecemasan pada siswa kelas VI sekolah dasar di Denpasar menjelang Ujian Nasional dengan nilai korelasi -0,303 dengan nilai probabilitas 0,001.