Journal article

PERMAINAN PAPAN KESEIMBANGAN (BALANCE BOARD) LEBIH MENINGKATKAN KESEIMBANGAN DINAMIS DARIPADA PERMAINAN BALOK KESEIMBANGAN (BALANCE BEAM) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PRADNYANDARI I KEROBOKAN

Ayu Wulandari Ari Wibawa I Dewa Ayu Inten Dwi Primayanti

Volume : 3 Nomor : 1 Published : 2016, September

Majalah Ilmiah Fisioterafi Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk membandingkan permainan papan keseimbangan dan permainan balok keseimbangan dalam meningkatkan keseimbangan dinamis pada anak usia 5-6 tahun di TK Pradnyandari I Kerobokan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental randomized pretest-postest control group design berjumlah 32 orang yang dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok 1 diberikan permainan papan keseimbangan dan kelompok 2 diberikan permainan balok keseimbangan. Perbedaan rerata sebelum dan sesudah pelatihan kelompok 1 diuji dengan Wilcoxon Match Pair test dengan hasil p = 0,000 (p<0,05) dan Kelompok 2 diuji dengan Wilcoxon Match Pair test dengan hasil p = 0,000 (p<0,05). Uji beda selisih antara kelompok 1 dan kelompok 2 dengan Mann-Whitney U-test menunjukkan ada perbedaan yang bermakna dengan hasil p = 0,000 (p<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan papan keseimbangan meningkatkan keseimbangan dinamis, permainan balok keseimbangan meningkatkan keseimbangan dinamis dan permainan papan keseimbangan lebih meningkatkan keseimbangan dinamis daripada permainan balok keseimbangan. Kata kunci: keseimbangan dinamis, papan keseimbangan, balok keseimbangan.