Journal article
meningkatkan pengetahuan kesehatan melalui permainan ular tangga
NI MADE SWASTI WULANYANI
Volume : 40 Nomor : 2 Published : 2013, December
jurnal psikologi univsersitas Gadjah Mada
Abstrak
Kasus infeksi seperti demam berdarah dengue, diare, infeksi saluran pernapasan dan cacingan banyak yang diakibatkan oleh buruknya sanitasi dan perilaku manusia. Sebelum perilaku berubah, harus ada unsur kognitif yang mengawalinya yaitu pengetahuan. Pengetahuan dapat diberikan melalui ceramah kesehatan. Pada penelitian ini juga digunakan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi sehingga memuat informasi kesehatan. Tujuannya adalah untuk melihat efektifitas penggunaan permainan dalam pembelajaran. Subjek adalah 60 siswa kelas VI pada dua SD di Gianyar Bali. Kelompok nirperlakuan menggunakan metode ceramah kesehatan, sedangkan pada kelompok perlakuan diberikan permainan ular tangga saat jam bermain di sekolah. Hasil pengolahan data dengan uji-t menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan pada kelompok ceramah dengan kelompok permainan (Mean = 2.20; SD = 1.56; SEM = 0.28; t = 7.71; p < 0.01). Selisih peningkatan pengetahuan kelompok permainan (mean = 3.933; SD = 1.362) lebih besar daripada selisih peningkatan pengetahuan kelompok ceramah (mean = 1.733; SD = 1.229). Disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan melalui ceramah kesehatan, namun peningkatan ini tidak sebesar peningkatan pengetahuan melalui permainan ular tangga.