Journal article
Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kepuasan Kerja Sama Kelompok dalam Small Group Discussion Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
ni putu santika dewi NI MADE SWASTI WULANYANI
Volume : 3 Nomor : 1 Published : 2016, February
jurnal ojs unud
Abstrak
Salah satu metode pembelajaran yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Unud adalah Small Group Discussion (SGD) yaitu metode belajar dalam bentuk diskusi yang diikuti oleh mahasiswa dengan jumlah anggota antara 10 sampai 13 orang. Adanya kepuasan dalam kerja sama kelompok menyebabkan proses SGD akan menjadi lebih efektif. Oleh karena itu kepuasan menjadi faktor yang penting. Dalam SGD akan ada interaksi antara anggota kelompok, dan kualitas interaksi tersebut dipengaruhi oleh kecerdasan sosial anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan sosial dengan kepuasan kerja sama kelompok di dalam SGD dan seberapa besar kepuasan mahasiswa dalam melakukan SGD. Subjek dalam penelitian ini adalah 274 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala Kecerdasan Sosial dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,871dan skala Kepuasan Kerjasama Kelompok dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,938. Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan angka korelasi sebesar 0,215 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan sosial dengan kepuasan kerjasama kelompok dalam SGD pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Semakin tinggi kecerdasan sosial maka semakin besar pula tingkat kepuasan kerjasama kelompok, demikian pula sebaliknya samakin rendah kecerdasan sosial maka semakin rendah tingkat kepuasan kerjasama kelompok.