Journal article
Analisis Kebutuhan Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis oleh Mahasiswa Program Studi sastra Inggris Universitas Udayana
I GUSTI AYU GDE SOSIOWATI PUTU WEDDHA SAVITRI PUTU LIRISHATI SOETHAMA
Volume : 0 Nomor : 2 Published : 2018, August
PUSTAKA: Jurnal Ilmu-ilmu Budaya
Abstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh mahasiswa Prodi sastra Inggris dari pembelajaran Mata Kuliah Bahasa Asing Pilihan (MK BAP) yaitu Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang. Agar pembelajaran MK BAP dapat berjalan efektif dan efisien maka dibutuhkan rencana pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu analisis kebutuhan sangat penting untuk dilakukan sehingga pengajar dapat menentukan materi, metode pengajaran, maupun buku referensi yang tepat dan dapat menjawab kebutuhan mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Sastra Inggris yang telah menyelesaikan MK Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang. Metode survey, kuisioner dan wawancara digvunakan untuk mendapatkan data mengenai kebutuhan mahasiswa terhada MK BAP yang mengacu kepada Target Needs dan ALearning Needs dari Hutchinson and Waters (1987).Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif untuk mendapatkan hasil penelitian berupa kebutuhan mahasiswa terhadap Bahasa Perancis dan Bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih membutuhkan kemampuan berbicara, dengan materi mengenai ungkapan yang umum digvunakan, dan topik-topik yang berkaitan dengan kegiatan sehari-hari seperti berbelanja, memesan makanan, berbicara tentang hobi, teman, wisata dan kegiatan lainnya.