Journal article

Kesantunan Berbahasa Jepang oleh Staf GRO di Biro Perjalanan Wisata di Bali

NI MADE ANDRY ANITA DEWI

Volume : 21 Nomor : 41 Published : 2014, September

Linguistika

Abstrak

Kesantunan berbahasa merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan tuturan yang santun. Tuturan yang santun merupakan hal mendasar yang perlu dikuasai oleh pelaku pariwisata dalam berinteraksi dengan wisatawan. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi dan meneliti kesantunan bahasa Jepang yang digunakan oleh penutur bahasa Jepang yang bekerja di biro perjalanan wisata di Bali dalam memberikan pelayanan jasa kepada wisatawan Jepang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah wawancara kepada tujuh orang informan yang berprofesi sebagai staf GRO (Guest Relations Officer) pada sebuah biro perjalanan wisata di Bali. Penelitian ini akan dikaji dengan menggunakan enam prinsip kesantunan yang diklasifikasikan oleh Leech (1983) yaitu maksim kebijaksanaan, maksim kedermawanan, maksim penghargaan, maksim kesederhanaan, maksim permufakatan dan maksim simpati. Kata kunci : kesantunan bahasa Jepang, klasifikasi Leech, maksim