Journal article

TEKS VERBAL DAN VISUAL MEDIA KAMPANYE PILGUB BALI

I GUSTI NGURAH PARTHAMA

Volume : 0 Nomor : 2 Published : 2019, August

PUSTAKA: Jurnal Ilmu-ilmu Budaya

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan teks verbal dan visual yang digunakan oleh kandidat gubernur ketika pemilihan gubernur (pilgub) Bali lalu. Sebagai suatu bentuk komunikasi, teks verbal dan visual pada media kampanye pilgub Bali tentunya mengandung makna dan pesan tertentu. Hal tersebut tidak lepas dari perencanaan dan pembuatan suatu media kampanye yang serupa dengan media iklan. Media seperti itu mempunyai pesan dan makna tertentu yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan, pandangan, serta mengajar seseorang untuk memilih, sudah tentu memiliki pesan dan makna khusus. Sumber data yang digunakan pada artikel ini adalah media kampanye luar ruang selama pelaksanaan masa sosialisasi dan masa kampanye pilgub Bali. Sumber data diambil dari media kampanye kedua kandidat gubernur Bali yang dipasang di seluruh kabupaten/kota di Bali. Data yang digunakan adalah teks verbal dan teks visual pada media - media tersebut. Hanya tiga data yagn dianalisa untuk artikel ini. Metode dokumentasi diaplikasikan untuk pengumpulan data dengan teknik perekaman, pembacaan secara rinci, pemilahan, dan pengklasifikasian. Sedangkan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalsia data berdasarkan teori - teori kajian wacana. Simpulan yang diperoleh adalah teks verbal atau teks tulis media kampanye berisikan paparan informasi dan gagasan. Selain itu, pilihan kosakata mengacu pada bentuk pencitraan diri kandidat gubernur. Pada kesempatan yang sama, daya ilokusi yang dimunculkan lebih dominan pada model asertif. Sementara itu, teks visual mempunyai kecenderungan pemilihan pewarnaan, gambar kandidat, maupun logo - logo seperti partai politik tetap memberikan kontribusi pada keberlangsungan komunikasi melalui media kampanye. Kata kunci: teks verbal, teks visual, media kampanye, pilgub Bali