Journal article
Verbal And Non-Verbal Signs in Garnier Product Advertisement
I Gst. Agung Triana Rakanita Ida Ayu Made Puspani NI KETUT ALIT IDA SETIANINGSIH
Volume : 16 Nomor : 1 Published : 2016, July
OJS Unud
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis makna dari tanda verbal dan non-verbal yang terdapat dalam sebuah iklan produk perawatan kulit merek Garnier yang berbahasa Inggris. Dalam penelitian ini tiga teori yang diaplikasikan untuk menjawab dua pokok permasalahan. Adapun teori yang dimaksud, diantaranya teori tentang tanda oleh Chandler (2001), teori makna dan fungsi oleh Leech (1974) dan teori istilah warna oleh Cerrato (2012). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanda verbal dan non-verbal saling berhubungan satu sama lain dikarenakan apa yang ditulis oleh pengiklan dalam bentuk tanda verbal sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pengiklan dalam bentuk tanda non-verbal. Dalam menganalisis makna dan fungsi di dalam iklan ini, makna konseptual dan fungsi informatif yang paling banyak muncul. Selain itu, di dalam tanda non-verbal istilah-istilah warna sangat penting diaplikasikan untuk menarik perhatian para konsumen.