Journal article

Penguasaan Verba Bentuk -Te untuk Menyatakan Kegiatan Sedang Berlangsung dan Kegiatan Berurutan pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA PGRI 6 Denpasar

Dewa Gede Agung Aditya K I NYOMAN SUPARWA Made Sri Satyawati

Volume : 2 Nomor : 2 Published : 2018, July

Kulturistik, Jurnal Bahasa dan Budaya Universitas Warmadewa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan penguasaan verba bentuk -te pada peserta didik kelas XI IPA SMA PGRI 6 Denpasar; (2) kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik kelas XI IPA SMA PGRI 6 Denpasar dalam penggunaan verba bentuk -te. Penelitian dengan rancangan deskriptif kualitatif ini memiliki subjek penelitian, yaitu siswa kelas XI IPA SMA PGRI 6 Denpasar dan objek penelitian, yaitu verba bentuk -te. Data dikumpulkan melalui metode tes. Data dianalisis dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pengasaan verba bentuk -te pada peserta didik kel;as XI IPA SMA PGRI 6 Denpasar termasuk dalam kategori kurang, dengan nilai rata-rata yaitu 50. Terdapat enam orang siswa 24% yang memperoleh nilai cukup dan sembilan belas orang siswa 76% yang memperoleh nilai kurang; (2) kesulitan dihadapi peserta didik kelas XI IPA SMA PGRI 6 Denpasar dalam penggunaan verba bentuk -te yang menyatakan kegiatan sedang berlangsung dan kegiatan yang berurutan berdasarkan hasil tes bahwa siswa masih bingung dengan penggunaan verba bentuk -te antara konsonan rangkap /t/ dan /t/ yang tidak rangkap, misalnya verba mi-ru dalam bentuk -te menjadi mi-te bukan mi-tte karena verba mi-ru termasuk golongan ichidandoushi hanya menggantikan gobi(ru) menjadi /te/ dan ditempelkan dengan morfem dasar verba (mi) sehingga menjadi mi-te.