Journal article
Nation Branding Kopi Arabika Kintamani (Studi Kasus Kopi Gunung Catur, Desa Catur, Kintamani, Bangli
Ni Wayan Rainy Priadarsini S. Anak Agung Ayu Intan Parameswari
Volume : 14 Nomor : 1 Published : 2020, January
SOCA
Abstrak
081317158801ABSTRAKKopi Gunung Catur adalah merek kopi specialty Arabika yang berasal dariKintamani. Kopi arabika ini memiliki kualitas ekspor. Merek Gunung Caturdibudidayakan oleh kelompok tani bernama Subak Abian Tri Guna Karya. Saat ini,branding memiliki peran penting dalam promosi di pasar internasional. PemerintahIndonesia mulai membangun nation branding untuk kopi Arabika Indonesia demimenghindari klaim dari negara lain dan memperluas akses pasar. Demikian jugauntuk Kopi Gunung Catur, harus ada strategi yang tepat untuk meningkatkan citrakopi ini sehingga akses pasarnya semakin terbuka lebar. Anholt mengatakan adatiga strategi yang dapat meningkatkan citra produk suatu negara, yaitukompetensi, kontribusi dan komunikasi. Kopi Gunung Catur yang telah memilikiserti9kat Indikasi Geogra9s (IG) menunjukkan kemampuan petani di Desa Caturuntuk mengolah kopi dengan kualitas yang baik. Karena kopi ini dibudidayakansecara organik, maka membantu meningkatkan citra Indonesia di mata duniatentang perlindungan lingkungan. Filoso9 Tri Hita Karana yang digunakan sebagailandasan pembudidayaannya yang mensinergikan perilaku manusia dan menjagakeseimbangan alam memperkuat citra kopi ini untuk pelestarian alam. Kopi GunungCatur telah memenuhi strategi kompetensi dan kontribusi. Namun, akses pasarmasih dikeluhkan oleh petani dan pengolah kopi Kopi Gunung Catur. Melalui metodedeskriptif kualitatif, ditemukan permasalahan bahwa masih kurangnyapengembangan strategi nation branding ketiga, yaitu komunikasi. Strategikomunikasi berkontribusi besar dalam mendukung akses pasar, terutama untukkegiatan ekspor. Memasuki era industrialisasi 4.0, penguasaan Teknologi Informasi(TI) dan semangat kewirausahaan modern adalah strategi utama untukmengembangkan kegiatan ekspor. Ini belum dikembangkan secara optimal olehpetani dan pengusaha kopi Gunung Catur. Maka melalui penelitian ini ditemukanbahwa penggunaan teknologi dan semangat kewirausahaan modern(technopreneurship) menjadi basis strategi komunikasi sebagai langkah strategisdalam meningkatkan peluang ekspor bagi produsen Kopi Gunung Catur Kata kunci: nation branding, pemerintah Indonesia, arabika Kintamani, Gunung Catur