Journal article

ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PEMECUTAN KOTA DENPASAR)

I PUTU DHARMANU YUDARTHA PIERS ANDREAS NOAK Ni Luh Anggayani

Volume : 1 Nomor : 1 Published : 2016, July

citizen charter

Abstrak

ABSTRAK Permasalahan gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk dapat meningkatkan kinerja guru agar memajukan kualitas pendidikan merupakan permasalahan yang harus diatasi. Pemecahan masalah tersebut akan diikuti dengan dampak positif oleh masyarakat disekitar, termasuk di Sekolah Dasar Negeri 2 Pemecutan Kota Denpasar, dimana kepala sekolah juga mempergunakan sebuah gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja guru yang sesuai dengan kondisi di lingkungan tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh penulis dengan melakukan observasi di lapangan dan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber yang berhubungan dengan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Pemecutan Kota Denpasar. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pertama, Gaya kepemimpinan kepala sekolahdalam meningkatkan kinerja guru padaSekolah Dasar Negeri 2 Pemecutan menggunakan gaya kepemimpinan partisipasi. Kedua, kinerja yang ditunjukkan oleh guru masih rendah Ketiga, Gaya kepemimpinan yang relevan digunakan oleh kepala sekolah SDN 2 Pemecutan dalam meningkatkan kinerja guru adalah gaya kepemimpinan partisipasi ditambah dengan pengawasan yang lebih baik oleh kepala sekolah terhadap kinerja guru. Implikasi dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa di lingkungan Sekolah Dasar (SD) Negeri 2 Pemecutan apabila gaya yang digunakan oleh kepala sekolah meningkat maka dapat dipastikan kinerja guru juga meningkat sehingga berdampak pada kualitas pendidikan yang dihasilkan. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru.