Journal article
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILITAS PUBLIK ( Studi Kasus Pada Qualitas Pelayanan Publik di Kantor Camat Sidemen Karangasem)
NI WAYAN SUPRILIYANI I KETUT WINAYA
Volume : 0 Nomor : 1 Published : 2017, January
JURNAL ADMINISTRASI DAN HUMANIORA ( ADHUM )
Abstrak
Abstrak Artikel ini memuat analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam mewujudkan Akuntabilitas Publik, Dimana Perubahan Zaman Sekarang semakin pesat dan mempengaruhi suatu lembaga organisasi yang disebabkan semakin tingginya nilai teknologi komputer dapat memberikan jaringan informasi dan data yang kuat, akuntabel yang dapat di pergunakan tidak terbatas oleh waktu. maka Sistem Informasi Manajemen sangat membantu bagi masyarakat luas yang dapat mengakses secara online dan tidak memakan waktu yang cukup lama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Penelitian ini diarahkan pada penggambaran latar serta individu secara holistik (menyeluruh). Untuk memperoleh data secara holistik, Observasi, dan wawancara penerapan teknologi informasi, atas rasa pertanggung jawaban stake holder yang ada pada Camat Sidemen seringkali tumpang tindih antara kepentingan sektoral dari pusat maupun dengan daerah, sehingga dengan adanya sistem informasi manajemen yang baik masyarakat juga akan puas terhadap pelayanan apa yang diberikan dari Pemerintah. PATEN merupakan sebuah inovasi sederhana namun memberikan manfaat yang besar, selain mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan, juga memperbaiki citra dan legitimasi pemerintah daerah di mata masyarakat. Dimana dimaksudkan PATEN ini sebagai Pelayanan adminitrasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan. Penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat merupakan fungsi yang harus diemban pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan, sebagai tolok ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Kualitas penyelenggaraan pelayanan umum (publik) di daerah masih perlu ditingkatkan ke arah yang lebih baik. Kata kunci : SIM (Sistem Informasi Manajemen), Birokrasi