MIKRO HIDRO Strategi Memanfaatkan Energi Murah

Lie Jasa

ISBN : 9786026324238 Published : 2017

Abstrak

BUKU MIKRO HIDRO STRATEGI MEMANFAATKAN ENERGI  MURAH DAN RAMAH LINGKUNGAN
Buku mikro hidro ini merupakan hasil penelitian yang berkaitan dengan pemanfaatan  energi terbarukan khususnya energi yang berasal dari tenaga air. Potensi yang sangat besar yang ada disekitar kita bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik dengan rancangan seduah desain turbin yang tepat.

Potensi aliran air yang dapat digunakan untuk pembangkit mikro hidro diantaranya adalah: saluran irigasi persawahan, air terjun dengan ketinggian tertentu, sungai dengan debit air tertentu, atau bendungan yang dibangun untuk pengendali banjir. Selama ini sumber air lebih banyak digunakan untuk pengairan, peternakan ikan, sarana wisata dan minum ternak.. Dilain pihak energi listrik merupakan kebutuhan vital masyarakat yang harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah, sehingga krisis listrik yang terjadi saat ini tidak berkepanjangan. Idealnya adalah sumber air digunakan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan semua pihak adalah solusi yang terbaik.

Mikro hidro memang tidak membutuhkan bendungan yang besar atau genangan air yang luas sebelum dialirkankan ke dalam turbin. Kebijakan politis pemerintah harus diambil, sehingga mikro hidro dapat berperan sebagai penyedia cadangan energi listrik baru. Investasi awal pembangunan dan biaya sosial yang dibutuhkan dari pembangunan mikro hidro nilainya relatif kecil, bila dibandingkan dengan membangun sebuah PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Model turbin sudu segitiga yang dikembangkan dalam penelitian ini dengan dasar pertimbangan diantaranya adalah: (1). kemudahan proses konstruksi, (2). tidak dibutuhkan teknologi tinggi, (3). desain yang sederhana, (4). perawatan yang relative mudah dan (5). dapat dikerjakan pada bengkel yang dekat dengan lokasi pemasangan. Mengingat lokasi yang potensialuntuk dibangun mikro hidro biasanya jauh dari jalan raya dan akses transportasi yang sulit. Model turbin sudu segitiga tergantung dengan besarnya volume air yang memutar turbin, sehingga ketinggian air bukan parameter yang menentukan besarnya energi yang di konversi.

Parameter desain turbin sudu segitiga dan cross flow yang tepat, untuk dapat meningkatkan efisiensi dari sebuah mikro hidro. Parameter ditemukan dengan melakukan proses pelacakan parameter turbin seperti: sudut sudu, posisi sudu, kelengkungan sudu, volume sudu, bentuk sudu, sudut nozzle dan posisi nozzle. Parameter input dari turbin berupa ketinggian (H), debit air (Q), kecepatan aliran air (V1), sedangkan parameter desain yang mungkin diubah-ubah adalah lebar turbin (W), diameter turbin (D1), sudut kelengkungan sudu (β1), sudut nozzle (αN) dan jumlah sudu (N). Semua parameter tersebut digunakan untuk menentukan besarnya efisiensi yang dihasilkan dari turbin mikro hidro.

Buku ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca terutama peneliti, dosen, mahasiswa yang tertarik dalam bidang mikro hidro dan pemanfaatan energi yang berasal dari air. Beberapa model turbin yang dicoba disampaikan dalam buku ini termasuk desain dan pengukurannya.