MASTER PLAN OF EDUCATION DENPASAR CITY 2017

Prof.Dr.Ir.Putu Rumawan Salain. M.Si. DKK.

ISBN : 0 Published : 2017

Abstrak

Jempiring







KATA PENGANTAR



 

 

  



Om Swastyastu,

Dinamika Pendidikan adalah dinamika perubahan. Demikian pesatnya perubahan menjadikan lembaga pendidikan harus dan wajib mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan. Perubahan demi perubahan, melapisi kehidupan dan penghidupan, khususnya di Kota Denpasar tidak saja mengubah bentang alam, bangunan gedung, bahkan juga mengubah sikap dan perilaku manusianya.

Lembaga pendidikan, para pendidik, kurikulum, infrastruktur, pegawai, dan siswa merupakan satu kesatuan yang sangat menentukan keberhasilan negara/pemerintah dalam mencapai tujuan dan tentunya cita-cita orang tua dan keluarga. Pendidikan kini sudah menjadi kewajiban dan bukan pilihan. Melalui pendidikan mampu mengangkat harkat sekaligus tingkat kesejahteraan warganya dengan yang terutama adalah kecerdasan.

Pentingnya persoalan kecerdasan tercermin dalam Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, dimana salah satu konsep yang penting dan utama adalah menyatakan bahwa wajib menjawab kepentingan kemudahan aksesbilitas dan pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan kualitas, relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan. Sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah baik di tingkat Global, Nasional, Regional, maupun lokal tanpa kehilangan Akhlak, Iman dan Taqwa serta berbudi luhur.

Pendidikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa menjadikan pendidikan sebagai ideologi, politik, dan tujuan bagi pemerintah Indonesia. Bukan semata dalam persoalan kecerdasan saja melainkan dibalik itu ada maksud menjadikan pendidikan sebagai sebuah pendekatan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa yang multi etnik dan multikultur. Keragaman dapat dipelihara dan ditumbuh kembangkan melalui media pendidikan.

Denpasar sebagai sebuah kota multikultur, multietnik dan multi fungsi “sarat beban” yang dalam beberapa tahun ke depan akan menjadi kota metropolitan akan semakin menghadapi beragam persoalan pembangunan, khususnya di dunia pendidikan. Pemerintah ingin mendapatkan gambaran nyata yang berkaitan dengan persoalan dan keberadaan fasilitas pendidikan yang dihubungkan dengan ketersediaan fasilitas tersebut dengan daya tampung, kondisinya, tenaga pengajar dan lainnya yang tertuang ke dalam Master Plan Pendidikan.  Ketersediaan tersebut yang telah dimiliki lima tahun lalu sudah saatnya di up date melalui sebuah review.

Review Master Plan  Pendidikan Kota Denpasar  dirasa sudah sangat perlu bukan hanya mengingat waktu, namun dikarenakan ada beberapa hal penting dalam pengelolaan pendidikan mengingat kewenangan pengelolaan SMA dan yang sederajat  kini ada di propinsi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Disamping itu ada juga beberapa kebijakan dari kementrian maupun pemerintah pusat yang berkaitan dengan kurikulum 2013, system zonasi, Full Day School dan lainnya yang akan ikut mewarnai pengelolaan pendidikan di Kota Denpasar. 

Keberpihakan Kota Denpasar dalam memajukan pendidikan secara konsisten dan berkesinambungan telah dilakukan seperti misalnya adanya pembangunan rumah pintar, koridor pendidikan di Jalan Kamboja, Taman di Lumintang, Damamaya yang mendukung dan mengakselarasi kemajuan dunia pendidikan melalui dunia maya sebagai bagian dari pembangunan Smart City. Hal yang sama juga telah dilaksanakan persiapan yang mendukung Denpasar sebagai Heritage City, Kota Layak Anak, Kota Sehat, dan lainnya. Namun yang perlu diapresiasi adalah telah diluncurkannya penggunaan transportasi sekolah yang nyaman, aman, dengan fasilitas yang memadai. 

Review Master Plan ini selain berbasis pada Master Plan yang lampau, juga sangat dibantu dengan adanya perkembangan baru yang dipetik dari berbagai informasi serta dukungan survey lapangan yang dilakukan terhadap TK/PAUD, SD Negeri dan Swasta serta MI, SMP Negeri dan Swasta serta MT. Tidak semua sekolah menyambut tujuan penyusunan Review Master Plan Pendidikan ini dengan terbuka dan membantu, malah ada beberapa diantaranya yang tertutup, kemudian ada juga alamat yang sudah berubah, dan berbagai ragam temuan yang dijumpai.

Semoga dokumen ini bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan informasi tentang dunia pendidikan di Kota Denpasar serta semua pihak yang membutuhkan informasi tentang kondisi dan arahan kebijakan pengembangan pendidikan di Kota Denpasar.

 Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya disampaikan kepada semua  pihak  atas saran dan masukan untuk perbaikan dokumen ini. 

Om Shanti, Shanti, Shanti Om

 



Denpasar,   22 Nopember 2017

Ketua Tim Penyusun


Prof.Dr.Ir.Putu Rumawan Salain. M.Si

 

 

 

 

 

 

Prof. Dr. Ir. Putu Rumawan Salain.M.Si