INTRODUCTION TO MICRO ECONOMIC THEORY

I G W Murjana Yasa

ISBN : 978-623-92190-7-9 Published : 2017

Abstrak

Ilmu ekonomi sebagai ilmu sosial memiliki wawasan yang sangat luas dan kompleks dalam kaitan dengan kehidupan manusia serta berkembang sesuai dengan dinamika masyarakat. Tidak heran apabila dijumpai berbagai definisi ilmu ekonomi, sesuai dengan sudut pandang tokoh yang mengemukakannya. Pengertian ilmu ekonomi yang paling sederhana menyebutkan, ilmu ekonomi sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berdaya upaya untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran. (Suherman Rosyidi, 1984:15). Profesor Paul Anthony Samuelson, seorang ahli ekonomi dari MIT (Massicuusetts Institue of Technologi) sekurang kurangnya telah mengumpulkan enam definisi ilmu ekonomi, apabila diringkaskan adalah sebagai berikut :

1) Ilmu ekonomi atau ekonomi politik adalah suatu studi tentang kegiatan-kegiatan yang dengan atau tanpa menggunakan uang, mencangkup atau melibatkan transaksi-transaksi pertukaran antar manusia.

2) Ilmu ekonomi merupakan suatu studi mengenai bagaimana orang menentukan pilihan yang tepat untuk memanfaatkan sumber-sumber produktif (tanah, tenaga kerja, barangbarang modal seperti mesin, dan pengetahuan teknik) yang langka dan terbatas jumlah, untuk memproduksi berbagai jenis barang (seperti misalnya gandum, daging, mantel, perahu layar, konser musik, jalan raya, pesawat) serta mendistribusikannya kepada pelbagai anggota masyarakat untuk dipakai (dikonsumsi).

3) Ilmu ekonomi adalah studi tentang manusia dalam kegiatan hidup mereka sehari-hari, untuk mendapat dan menikmati kehidupan.

4) Ilmu ekonomi adalah studi tentang bagaimana manusia bertingkah seperti untuk mengorganisasi kegiatan-kegiatan konsumsi dan produksinya.

5) Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang kekayaan. 6) Ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara-cara memperbaiki masyarakat.


Dari berbagai definisi tersebut Samuelson berkesimpulan bahwa ilmu ekonomi adalah studi mengenai cara-cara manusia dan masyarakat menentukan atau menjatuhkan pilihannya, dengan atau tanpa menggunakan uang untuk menggunakan sumber-sumber produktif yang langka yang dapat mempunyai penggunaan-penggunaan alternative untuk memprodusir berbagai barang serta membagikannya untuk dikonsumsi, baik untuk sekarang maupun dimasa yang akan datang, kepada pelbagai golongan dan kelompok didalam masyarakat. Ilmu ekonomi itu menganalisa besarnya biaya-biaya serta keuntungan-keuntungan yang terjadi karena adanya perbaikan di dalam pola alokasi sumber daya ekonomi. Beberapa hal pokok yang terkandung pada definisi ilmu ekonomi diatas adalah :

1) Yang menjadi masalah utama (central problem) dalam ilmu ekonomi adalah masalah pemilihan (problem of choice).

2) Kenyataan bahwa sumber-sumber produktif merupakan sesuatu yang langka (scarce).

3) Penggunaan yang dalam ekonomi merupakan masalah sekunder.

4) Produksi dan konsumsi akan selalu ada baik pada masyarakat kolektif, individu, kapitalis, sosialis dan lainlain.

5) Terdapat alokasi cost (ongkos) dan benefit (keuntungan) dari sumber-sumber.